Sertifikasi Online siswa SMKN 2 Tenggarong

Pada pertengahan bulan Juni 2020 para siswa Kelas XII (dua belas) kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) mengikuti kegiatan sertifikasi Kompetensi kerja yang di adakan  DIT PSMK yang bekerjasama dengan PUPR Bina Konstruksi/ Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin dan Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK) sebagai penguji pembuatan Sertifikat atau Surat Keterangan Ahli (SKA).

Kegiatan ini terlaksana di dasarkan Undang-undang  Jasa Konstruksi no 2 tahun 2017 bahwa setiap Tenaga Kerja yang bekerja di bidang konstruksi wajib memiliki  Sertifikat Kompetensi Kerja dan Setiap pengguna Jasa wajib mempekerjakan Tenaga Kerja yang memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

Sesuai dengan Tugas dan Fungsinya Direktorat Jenderal Bina Konstruksi melakukan Pembinaan Konstruksi salah satunya dibidang vokasional, dalam hal ini Sertifikasi Bidang Vokasional tingkat SMK berdasarkan Program Link and Match. Dimana Program Link and Match (memadukan dan menghubungkan antara sistem pendidikan dan pelatihan dengan kebutuhan SDM Industri) untuk SMK sendiri terdapat 8 Jabatan kerja yang telah diharmonisasi dengan kurikulum SMK.

Untuk sertifikasi jabatan kerja yang di ikuti para siswa adalah sertifikasi Juru Gambar Arsitektur kelas (level) 2. Kegiatan ini akan terlaksana selama 5 hari kedepan. Untuk dua hari pertama para siswa membuat gambar Arsitektur sesuai dengan soal yang diberikan, dan 3 hari berikutnya akan di berikan pengarahan dan pembekalan dari para asesor, untuk tahun ini ada sedikit perbedaan dari biasanya. semua ujian sertifikasi dilaksanakan secara online atau daring.

Dalam kegiatan ini ada beberapa siswa yang mengikuti Sertifkasi ini dari sekolah, rumah, bahkan ada yang di tempat kerjanya. Seperti salah satu contoh siswa SMKN 2 Tenggarong yang bernama Raihan Pramadana dia mengikuti serfitikasi dari tempat kerja nya di atas kapal, Raihan mendapat pekerjaan di kapal batu bara, dia mengerjakan ujian gambarnya secarana manual bahakan pengerjaan gambar manual ini mendapat kan apresiasi dari tim asesor atau penguji LPJK. informasi dari Kepala Program Keahlian (Kaporg) DPIB Tri Cahyani, ST bahwa saat raihan ini mengerjakan ujian gambar kondisi ombak sedang tinggi, jadi ada sedikit kendala saat menggambar karena kapalnya sedang bergoyang terkena ombak.

Hasil akhir dari ujian sertifikasi ini dinyatakan bahwa semua siswa telah lulus atau KOMPETEN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *